Pelestarian Tradisi Grebeg Besar dalam Penguatan Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal Pada Masyarakat Demak

Authors

  • Tisna Kusuma Rahayu Universitas Dian Nuswantoro
  • Qinayya Alimmazan Universitas Dian Nuswantoro
  • Jose Rizal Habibie Universitas Dian Nuswantoro
  • Hasna Ariba Faatin Universitas Dian Nuswantoro
  • Faldin Baen Universitas Ivet

Abstract

The Grebeg Besar tradition of Demak Regency has historical value and strong messages of Islamic education. The purpose of this study is to thoroughly study how the Grebeg Besar tradition in Demak Regency is preserved so that cultural heritage is used as a tool to improve Islamic education based on local wisdom. Using a descriptive qualitative approach and literature study method, this study examines the religious, social, leadership, artistic, and economic values that support each series of Grebeg Besar processions. The results of the study show that this tradition not only functions as an annual tradition, but also as an educational medium in instilling religious, leadership, art and culture, and economic values. These values strengthen character education and form Islamic identity in the local culture. Preserving this tradition is very important in facing the current of globalization in order to preserve cultural heritage and strengthen the distinctive Islamic identity in Indonesia. Therefore, the preservation of the Grebeg Besar tradition can be seen as a means of Islamic education that is sourced from local wisdom, which involves participation, is related to the context, and has very high historical value.

Keywords: Tradition, Grebeg Besar, Islamic Education, Local Wisdom

 

 

ABSTRAK

Tradisi Grebeg Besar Kabupaten Demak memiliki nilai historis dan pesan-pesan pen- didikan Islam yang kuat. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari secara menyeluruh bagaimana tradisi Grebeg Besar di Kabupaten Demak dilestarikan guna warisan budaya digunakan sebagai alat untuk meningkatkan pendidikan Islam berdasarkan kearifan lokal. Dengan memakai   pendekatan kualitatif deskriptif dan metode studi literatur, penelitian ini meneliti nilai-nilai religius, sosial, kepemimpinan, seni, dan ekonomi yang mendukung dalam setiap rangkaian prosesi Grebeg Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi ini tidak hanya berfungsi sebagai tradisi tahunan, tetapi juga menjadi media edukasi dalam menum- buhkan  nilai religius, kepemimpinan, seni dan budaya, serta ekonomi. Nilai-nilai ini   mem- perkuat pendidikan karakter dan membentuk jati diri keislaman pada budaya setempat. Me- lestarikan tradisi ini sangat penting dalam menghadapi arus globalisasi agar dapat menjaga warisan budaya dan memperkuat identitas keislaman yang khas di Indonesia. Oleh karena itu, pelestarian tradisi Grebeg Besar dapat dilihat sebagai sarana   pendidikan Islam  yang  ber- sumber dari kearifan lokal, yang melibatkan partisipasi, berhubungan dengan konteks, serta memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

Kata Kunci : Tradisi, Grebeg Besar, Pendidikan Islam, Kearifan Lokal

 

Downloads

Published

2025-06-16